Saturday, November 22, 2008

Teori Dasar Hongshui

BUMI ADALAH IBU , FILSAFAT YANG MENDASARI LAHIRNYA ILMU HONGSUI

Sejak adanya manusia, tidak dapat terlepas dari bunda bumi. Sandang pangan manusia tidak dapat terlepas dari bunda bumi. Tidak perduli jaman purba , sekarang maupun akan datang manusia tidak dapat terlepas dari bumi/tanah yang dipijaknya.


Posisi depan air belakang bukit di peradaban Lung Shan dan Yang Shao adalah hal yang umum pada masa itu.

Pemilihan tempat dengan posisi itu menguntungkan dan memudahkan masyarakat purba untuk bertahan hidup serta mengembangkan kebudayaannya.

Kelihatannya org2 purba sudah bisa memilih2 lingkungan yg nyaman utk ditinggali. Pengalaman manusia purba yang berabad2 itu hingga mencapai satu taraf tertentu menimbulkan satu cabang ilmu. Tapi hingga mencapai satu cabang ilmu masih memerlukan pedoman dan bimbingan dari ilmu filsafat.

Perkembangan ilmu matematik (rumus Pythagoras yang terkenal itu lebih muda ratusan tahun dibandingkan rumus yang sama yaitu rumus Zhou Gong)dan filsafat yang bebas pada masa Chun Qiu dan Zhan Guo turut membantu perkembangan lahirnya cabang ilmu Hong Shui atau Geomancy ini. Prinsip Yin Yang , teori Qi serta pemahaman struktur bumi memberikan pengaruh luar biasa pada Hong Shui ini dan prinsip BUMI ADALAH IBU tetap memegang peranan dalam ilmu Hong Shui. Tidak memahami filsafat jaman lampau tidak mungkin bisa mengerti HongShui secara utuh.

1.1
Asal mulanya prinsip Yin Yang dan pengaruhnya terhadap ilmu Hong Sui

Jika tidak ada pengertian Yin Yang maka tidak ada pula ilmu Hong Shui dan budaya Hong Shui. Filsafat Yin Yang dapat dilacak pada kitab Yi Jing. Pendapat mengenai masalah kapan timbulnya kitab Yi Jing sudah terlalu banyak dan tidak perlu dibahas disini.
Tapi kita bisa melihat bahwa penjelasan Gua(trigram) dan Yao (monogram/garis asali pembentuk yang berbasiskan pada yin dan yang) rata2 mengambil kisah pada masa dinasti Shang dan awal Zhou.Sehingga ada kemungkinan kitab Yi Jing ini timbul pada masa dinasti Zhou barat. Walau pendapat ini kadang ditentang orang2 banyak.

Yi Jing sendiri tidak pernah membahas 2 kata Yin Yang, tapi mencoba menggambarkan 2 sifat yang bertolak belakang dengan -- __ dan mengaturnya sehingga berusaha mencoba menjelaskan fenomena alam.

Idiogram YI JING adalah -- __ yang disebut Yin Yao dan Yang Yao. Setiap gabungan 3 Yao disebut Gua. Perubahan2 3 Yao itu disebut BA GUA dan gabungan dari 2 gua itu
menghasilkan 64 GUA.


Yi Jing beranggapan bahwa YIN YANG itu adalah bumi dan langit, semua akar kehidupan dan alam semesta(pendapat ini bisa dilihat dalam Dao De Jing dan kitab SiShu(kitab Confuciusm) dan kitab2 klasik lainnya), manusia dengan alam tidak ada perbedaan , juga hasil dari 2 unsur awal. Jika kita melihat secara utuh kitab Yi Jing , maka kita dapat melihat penggunaan kitab Yi Jing adalah mengenai masalah pergerakan dan berhenti. Beranggapan jika ada gerakan , pertemuan adalah hal yang baik memiliki masa depan. Dapat dikatakan bahwa Yi Jing telah menceritakan masalah evolusi walau tidak secara jelas.

Yi Zhuan adalah kitab yang mencoba mengartikan, menyempurnakan dan mengembangkan Yi Jing oleh para terpelajar jaman dahulu. Tidak bisa dikatakan penemuan satu org pada satu masa. Adalah kitab mengenai Yi Jing yang dipakai oleh para Confuciusts serta dianggap kitab penting yang terutama.

Yi Zhuan ada 10 bagian. Tuan awal , Tuan akhir ,Xiang awal dan akhir , Xi Ci awal dan akhir , Wen Yan , Shuo Gua , Xu Gua ,Za Gua.

Kitab Yi Zhuan memberi penjelasan yang baik soal Yi Jing. Misalnya kitab Yi Zhuan bab Xi Ci awal mengatakan " 1 Yin dan 1 Yang bisa disebut adalah Dao" , disini bisa kita lihat kitab Yi Zhuan memakai Yin Yang utk memahami Yao dan Gua. Shuo Gua juga menuliskan "Mengamati Yin Yang kemudian membentuk Gua , mengembangkan dari keras dan lembut kemudian melahirkan Yao"

Pemikiran Yin Yang sejak YinShang sudah muncul selain kitab Yi Jing juga banyak kitab2 klasik lain yang mencatatnya. She Jing menuliskan " Matahari musim semi membawa Yang" Dan msh banyak lagi kitab2 klasik lainnya. Kitab Huang Di Su Wen menuliskan "Yin Yang adalah Daonya Langit dan Bumi , kondisi awal semuanya , berubah menjadi ayah adn ibu , awal lahir dan kematian , Istana para Shen Ming(bisa diartikan dewa2 yang benar tapi pada jaman dahulu bisa diartikan juga adalah semangat yang benar) juga." Guan Zi mengatakan "Yin Yang adalah dalil besar mengenai Langit dan
Bumi" Wei NanZi "Yin Yang adalah keselarasan Langit dan Bumi "

Dari semua ini kita bisa melihat bahwa Yin Yang itulah awal segalanya, menggunakan Yin Yang untuk menjelaskan fenomena segala hal yang ada ini dan membagi2 kriteria berdasarkan Yin Yang.

Dalam kitab Huang Di Zai Jing (kitab Huangdi mengenai Rumah) mengatakan "Mereka yang tinggal di rumah juga merupakan bagian dari Yin Yang , semua manusia pasti tinggal disuatu tempat dan tidak ada yang tinggal diluar rumah. Apapun bentuk tempat tinggalnya , besar kecil , indah buruk , bangunan maupun gubuk, tetap terkait dengan
Yin Yang, dan ketika tinggal itulah ada yang disebut baik dan buruk/jelek ( catatan :menurut hitungan Yin Yang , bukan berdasarkan keindahan bangunan)." selanjutnya ditulis pula " Yin adalah Bunda dari segalnya , Yang adalah Bapak dari segalanya.Merupakan awal dari Langit dan Bumi, juga adalah Janin Yang Agung."

Yin Yang inilah yang merupakan awal dari semua teori Hong Sui.

No comments:

Post a Comment

Labels